Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Abdimas Saintika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Guideline Naskah Jurnal Medika Saintika

Penulis yang akan mengajuan naskah artikel ke Jurnal abdimas Saintika  harus membaca pedoman penulisan terlebih dahulu dan memastikan bahwa naskah yang diajukan telah sesuai dengan format penulisan Jurnal Medika Saintika. Naskah yang diajukan bisa dalam bentuk artikel penelitian yang orisinil atau studi literatur.

Naskah harus sesuai dengan ruang lingkup Jurnal Medika Saintika yang meliputi : ilmu kesehatan masyarakat, keperawatan, kebidanan dan Biomedik.

 

KETENTUAN NASKAH ARTIKEL PENELITIAN

  1. Persyaratan Umum penulisan Manuskrip
  2. Manuskrip ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan kerapatan baris satu spasi, font Times New Roman 11, ukuran kertas A4, Format dua kolom dan margin last costum setting (top 2.54cm; left 2.8 cm, bottom 2.54cm ; right 2.54cm)
  3. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya berkisar anatara 6000-9000 kata atau kurang lebih 10-15 halaman, termasuk gambar, grafik atau tabel
    1. Struktur Artikel Ilmiah
    2. Halaman Judul Halaman judul meliputi :
  1. Manuskrip dikirim melalui submit pada www.syedzasaintika.ac.id/jurnal setelah melalui proses registrasi dan login pada website diatas.
  2. Naskah yang masuk akan diseleksi oleh sistem dan akan diteruskan kepada reviewer (Mitra bestari) akan kembali kepada penulis jika dibutuhkan perbaikan. Setelah penulis melakukan perbaikan sesuai dengan masukan dan penilaian Reviewer, kembali dikirim oleh penulis.
  3. Naskah yang sudah direvisi oleh penulis akan direview kembali oleh mitra bestari, jika layak akan diterbitkan jika masih perlu direvisi akan di kembalikan kepada penulis
    1. Judul ringkas dan informatif tidak lebih dari 12 kata dan sudah termasuk kata penghubung
    2. Jenis huruf Time New Roman 14, Bold, Kapital dengan jarak baris satu spasi
    3. Afiliasi kelembagaan penulis mengikuti tempat dimana yang bersangkutan bekerja.
    4. Gelar, Jabatan akademik/fungsional tidak perlu dicantumkan
    5. Nama Lembaga dicantumkan dengan lengkap, ditulis dibawah nama penulis beserta alamat email untuk keperluan korespondensi
    6. Jika penulis lebih dari satu orang dan berasal dari kelembagaan yang berbeda, maka semua alamat dicantumkan dengan memberikan tanda superkrip huruf kecil mulai dari 1 pada mana belakang penulis secara berurutan
    7. Nama korespondensi diberi tanda (*)
    8. Nama Penulis Times New Roman 11, Bold, tidak boleh singkat
    9. Abstrak
      Abstrak dibuat dalam satu paragraf tanpa memisahkan pembagian kontennya. Abstrak harus mencakup latar belakang, tujuan, metodologi, hasil dan kesimpulan. Abstrak tidak melebihi 200 kata dan dibuat dalam dua bahasa. Abstrak diakhiri dengan maksimal lima kata kunci / keyword dari naskah sesuai urutan abjad dan anatara antara kata kunci dipisahkan oleh (;).
    10. Pendahuluan
      Bagian pendahuluan harus menjelaskan latar belakang, tujuan, ringkasan studi literature yang telah dilakukan, penjelasan mengapa topik yang diajukan penting untuk dipublikasikan, dan kontribusi naskah terhadap bidang ilmu
    11. Metode Penelitian

Bagian metode harus mencakup :

  1. Desain dan setting (waktu, tempat, populasi, dll) dari studi yang dilakukan.
  2. Karakteristik responden dan /atau material yang digunakan.
  3. Penjelasan mengenai seluruh proses studi termasuk sampling, variable yang digunakan.
  4. Cara pengukuran variable, serta metode analisa data yang digunakan.
  5. Hasil
    Sajikan hasil dengan alur yang logis dalam bentuk teks, tabel, grafik atau gambar. Jangan mengulangi data yang telah disajikan dalam tabel atau grafik di dalam teks. Tekankan hasil-hasil yang penting. Tabel, grafik atau gambar diletakkan secara berurutan di bagian akhir naskah (setelah daftar pustaka).
  6. Pembahasan
    Bagian pembahasan mendiskusikan aspek-aspek penting dari studi yang dilakukan, termasuk implikasi dari temuan secara umum. Jangan mengulangi data atau pernyataan yang telah disajikan di bagian latar belakang atau hasil. Pembahasan juga mencakup batasan atau kelemahan studi dan implikasinya terhadap penelitian selanjutnya.
  7. Kesimpulan
    Bagian ini menyatakan dengan jelas kesimpulan studi. Paragraf kesimpulan diakhiri dengan saran.
  8. Dafta Puskata

Untuk penulisan Daftar Pustaka, direkomendasikan untuk menggunakan Reference Manager (aplikasi kepustakaan/daftar pustaka) seperti EndNote, Mendeley, Reference Manager, dan lain-lain.

KETENTUAN NASKAH STUDI LITERATUR

Format penulisan naskah studi literatur mengikuti format penulisan naskah artikel penelitian. Perbedaan terdapat pada bagian metodologi yang menekankan cara dan proses studi literature. yang digunakan. Termasuk kriteria pemilihan literatur (inklusi dan eksklusi) database yang digunakan sebagai sumber literatur dan lain-lain.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.